D2K’s Blog

Not an expert, but just wanna be better by share and Learn together

  • My Social Network

    Facebook

    Twitter

  • Calendar

    April 2010
    M T W T F S S
    « Mar   Nov »
     1234
    567891011
    12131415161718
    19202122232425
    2627282930  

Fenomena Bocah Merokok dan Berbicara Kotor

Posted by d2k on 5 April, 2010

Bocah SWKasus bocah berumur 4 tahun dari Malang yang baru-baru ini ramai dibicarakan di media massa karena ulahnya yang sangat lihai dalam menghisap rokok dan gaya bicaranya yang sangat fasih mengucapkan kata-kata kotor ini memang di luar kebiasaan di masyarakat kita. Pernyataan mantan Ketua IDI, Kartono Muhammad yang hanya menyalahkan iklan rokok sebagai pemicunya tidak sepenuhnya dapat diterima. Karena dalam hal ini yang memegang peran utama adalah lingkungan tempat tumbuh berkembangnya si anak. Sebagaiamana video yang muncul di Facebook dan Youtube yang menampilkan “aksi” bocah ini, bahwa SW ini memang kelihatan dilatih dan dididik untuk bertindak seperti itu oleh lingkungannya. Teman bermain SW yang terlalu dewasa dengan cara mendidiknya mungkin awalnya dianggap lucu ini malah bisa berdampak besar bagi perkembangan si bocah lebih lanjut. Yang menjadi pertanyaan besar, bagaimana peranan orang tuanya selama ini ? Apa memang si anak dibiarkan berkembang seperti itu dengan lingkungannya yang pastinya sudah diketahui oleh orang tuanya ? Ini menjadi sebuah pembelajaran bagi para orang tua dalam mengarahkan dan mendidik anak-anaknya yang kelak akan melanjutkan cita-cita si orang tua.

Kepedulian Komnas Perlindungan Anak (PA) yang dengan cepat dan tanggap pada kasus ini patut kita apresiasi. Ketua Komnas PA, Kak Seto, sudah melihat secara langsung bagaimana kondisi SW dan meninjau lingkungan serta orang tuanya untuk ditindaklanjuti demi penyelamatan mental anak bangsa. Bahkan jika memungkinkan si bocah akan dibawa ke rumah Perlindungan Anak untuk direhabilitasi.

Kasus semacam ini tentunya tidak hanya menimpa pada SW yang berasal dari Malang saja. Namun di beberapa daerah juga ada fenomena semacam ini yang kebetulan tidak terekspose oleh media. Oleh karenanya, ini menjadi warning bagi para orang tua dalam mengawasi perkembangan anaknya yang sebagian besar tentunya dipengaruhi oleh lingkungannya. Saya sepakat dengan analogi bahwa anak itu ibarat kertas kosong, kertas itu akan berisi tulisan, gambaran, atau sekedar coretan-coretan tak beraturan dengan warna-warninya oleh pelukisnya yang dalam hal ini adala lingkungan tempat dimana anak itu tumbuh dan berkembang.

Mari bersama-sama kita saling menjaga dan mengawasi lingkungan sekitar kita agar para generasi penerus bangsa ini kelak terselamatkan dengan budaya-budaya yang tidak mencerminkan budaya nasional. Nation Character Building adalah tanggung jawab seluruh masyarakat.

Save Our Children…!!!

Advertisements

2 Responses to “Fenomena Bocah Merokok dan Berbicara Kotor”

  1. endoh said

    di tempat saya tinggal, hampir setiap miggu ada pertunjukan orkes dangdut yang seronok oleh busana dan penampilan biduannya yang syur… dari bayi hingga dewasa tak ada yang dilarang untuk menontonnya mulai malam hingga dini hari. kerap orang tua menonton sambil menggendong anaknya disebelah kiri dan rokok mengepul di tangan kanan. jadi kejadian pada Sw sangat wajar terjadi di negera kita. mungkin msh banyak SW – SW yang lain

    • d2k said

      Itulahhal-hal yang kadang para orang tua kadang tidak sadar bahwa apa yang dilakukannya itu secara tidak langsung mendidik anak2nya masuk pada habitat yang “kurang sehat”. Aku juga yakin masih banyak SW-SW lain yang tak terpublish….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: