D2K’s Blog

Not an expert, but just wanna be better by share and Learn together

  • My Social Network

    Facebook

    Twitter

  • Calendar

    March 2010
    M T W T F S S
    « Aug   Apr »
    1234567
    891011121314
    15161718192021
    22232425262728
    293031  

Sensasi Susno Duadji yang Menggelitik Mabes POLRI

Posted by d2k on 23 March, 2010

Susno Duadji Komjen Pol Drs. Susno Duadji, S.H, M.Sc adalah Jenderal Bintang Tiga Kepolisian Negara Republik Indonesia yang saat ini tidak memiliki Jabatan Fungsional setelah keluarnya telegram rahasia bernomor 618/XI/2009 tanggal 24 November 2009 yang mencopot posisinya sebagai Kabareskrim Mabes POLRI. Banyak polemik yang muncul akibat pencopotannya dari jabatannya itu yang diisukan ada kaitannya dengan kasus bailout Bank Century. Selepas dari jabatannya itu tidaklah kemudian membungkam dirinya sebagai seorang Jenderal yang tidak memiliki jabatan. Kehadirannya di persidangan Antashari Azhar sebagai saksi persidangan tanggal 7 Januari 2010 dengan memberikan kesaksian yang menguatkan posisi Antashari membuat banyak pihak tergelitik khususnya dari tubuh POLRI sendiri, karena kesaksiannya itu menguatkan posisi Antashari.

Tidak berhenti di kasus itu saja. Pada bulan ini Susno mengeluarkan statement yang menggemparkan mengenai adanya Markus (Makelar Kasus) di dalam Mabes Polri sehubungan dengan kasus Pajak senilai 25 M. Dengan terang-terangan Susno menyatakan dua Jenderal di Mabes Polri terlibat dalam kasus ini. Tidak hanya statement belaka, namun kasus ini dilaporkan Susno pada Satgas Pemberantasan Mafia Hukum untuk ditindaklanjuti. Sudah barang tentu pengaduan Susno ini mengundang pro dan kontra yang memenuhi headline media-media massa di Tanah Air. Serangan balik pada pernyataan Susno ini juga digencarkan Mabes Polri dengan memeriksa Susno melalui Propam karena dianggap langkah yang diambil Susno menyalahi Kode Etik Institusi Polri. Selain itu, Jenderal-Jenderal yang dituding Susno terlibat dalam kasus Pajak ini menuntut Susno telah melakukan Pencemaran nama baik. Saya rasa pemberitaan sekitar Komjen Pol. Susno Duadji ini banyak diikuti perkembangan-perkembangannya oleh masyarakat sehingga tidak perlu saya ulang-ulang disini.

Yang menjadi tanda tanya besar di balik peristiwa ini apakah tindakan yang dilakukan Susno ini adalah aksi pembalasan Susno yang dinonaktifkan dari jabatannya dengan kurang terhormat? Ataukah memang naluri murni seorang aparat penegak hukum yang menginginkan ditegakkan hukum terhadap setiap kejahatan yang diketahuinya? Atau ada tendensi politis di balik itu semua? Sementara ini saya belum bisa berandai-andai atau mengambil kesimpulan karena data dan fakta yang saya peroleh masih berupa analisis² dengan data yang belum lengkap. Semoga, tindakan Susno ini memang bentuk upaya untuk memerangi mafia hukum pada instansi yang banyak mendapat pandangan miring dari masyarakat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: